Friday, March 18, 2011

Perbedaan Crack Patch atau Keygen beserta cara aman menggunakanya

Pada kesempatan ini saya akan mencoba berbagi informasi mengenai Crack, Keygen, atau patch Dalam istilah Software. Baiklah bagi yang belum tau pasti bingung apa beda Crack, Keygen, atau patch. Bagi yang lebih tau mohon bimbinganya. Dari informasi yang saya kumpulkan dapat memberi sedikit kesimpulan sebagai berikut:

Patch adalah sebuah bahasa pemograman yang diciptakan oleh beberapa orang untuk mempermudah kita memakai software. Beberapa Software yang diciptakan oleh Programer bersifat online, maksudnya bila aplikasi atau software tersebut dijalankan di Computer kita dia akan berhubungan secara online. Biasanya online yang dimaksud untuk memberikan data kepada sang Pembuat apakah software tersebut butuh update atau berjalan dengan semestinya atau Software tersebut dikunci oleh sang Pmbuat agar tidak terjadi kepemilikan ganda atau PEMBAJAKAN. Patch adalah bahasa pemograman yang bersifat online yang dapat mengacaukan system dari Sang pembuat Software tersebut. Beberapa Software biasanya bersifat Trial kecuali kita membeli FULL Versionnya, disinilah kegunaan Patch. Patch dapat membuat Trial version tersebut menjadi FULL Version.

Bagaimana dengan Crack? Crack atau Cracker adalah suatu hal atau seseorang untuk mengacau suatu system. Seseorang dapat menjadi seorang Cracker bila mengerti dan paham akan bahasa pemograman. Beberapa Software yang komersial biasanya dikunci oleh Sang Pembuat demi alasan Pembajakan. Biasanya ada dua buah bentuk software yaitu yang berjalan secara online atau berjalan secara offline. Maksudnya bila suatu software tersebut tidak perlu memerlukan sebuah update berarti dia berjaan secara offline. Sedangkan saat ini banyak software yang berjalan secara online artinya selalu melakukan update. Untuk software–software yang berjalan secara offline maka disinilah gunanya Crack. Dan orang–orang yang membuat Crack disebut sebagai Cracker ( pengacau system). Dengan adanya Crack maka software yang tadinya hanyalah sebuah TRIAL Version berubah menjadi FULL Version.

Lalu apa gunanya KEYGEN?? Bila diterjemahkan langsung berarti sebuah kunci. Beberapa Software memiliki suatu keamanan yang sangat tinggi agar tidak bisa di Bajak. Atau lebih kerennya tidak bisa dibuatkan sebuah Patch (untuk yang online) ataupun Crack (untuk yang offline) maka disinilah gunanya Keygen. Keygen ada yang bisa dibuat ada pula yang tidak bisa dibuat. Keygen adalah sebuah kumpulan angka dan huruf secara encrysi(tidak beraturan) yang sangat banyak. Beberapa Software memiliki tingkat keamanan yang tinggi maka keygennya tidak mudah ditebak atau dianalisa, contohnya Software Anti Virus.

Bagaimana cara install semua hal diatas kedalam computer kita. Sedikit gambaran bahwa Patch tidak perlu diInstall tetapi hanya perlu dijalankan (Red : RUN). Sedangkan untuk Carck ada dua macam yaitu pertama ada Crack yang harus di copy kedalam folder yang sama dimana software tersebut terinstall . Kedua ada yang tidak perlu melakukan apapun jadi Crack sudah ada didalam software tersebut. Sedangkan Keygen, ada beberapa software yang Keygennya bisa langsung jalankan dan akan mendapatkan sebuah sebuah angka dan huruf yang encripsy dan dimasukkan kedalam software tersebut. Ada pula yang keygennya bisa berjalan secara sendiri ketika kita menjalankannya.

Mengapa Patch, Crack ataupun Keygen terdeteksi sebagai virus? Diketahui bahwa sebenarnya pembuatan Keygen, Patch dan Crack membutuhkan suatu bahasa pemograman yang susah dan harus mengobrak abrik system keamanan dari Software tersebut. Maka salah satu caranya adalah menciptakan sebuah Trojan ataupun Worm yang bisa masuk kedalam software tersebut. Jadi bila saat kita membuka software yang saya coba share buat anda terdeteksi sebuah virus jangan kawatir karena itu hal yang Normal. Cara agar amannya adalah matikan Software AntiVirus kalian dan matikan pula koneksi internet, dengan begitu kita akan bisa menginstall software tersebut.

Apakah computer kita akan terkena Virus?? Jangan kawatir karena setelah Patch, Crack dan Keygen tersebut selesai kita pakai, kita bisa menghapusnya kecuali Crack yang harus dicopy kedalam folder dimana software tersebut terinstall. Dengan begitu computer kita akan aman.

Artikel terkait:

No comments:

Post a Comment